Searching...
Sabtu, 27 April 2013

Liburan Murah ke Pulau Seribu yuk..,

Sabtu, April 27, 2013


Hai guys, Ingin kabur dari hiruk pikuknya Jakarta?
Nggak usah jauh-jauh! Pergi saja ke Pulau Seribu. Dekat dan nggak bikin kantong bolong.



Waktu sempit dan dana cekak. Dua hal itu sering dijadikan alasan orang-orang menunda pergi berlibur. Padahal, rehat dari berbagai rutinitas yang melelahkansangat penting untuk mengurangi stres. Kalau Anda tinggal di Jakarta dan ingin bermain air, tak perlu pergi jauh-jauh. Dengan menempuh perjalanan satu hingga dua jam, Anda akan bisa menikmati

hamparan pantai berpasir putih nan cantik.



Ya, benar sekali. Pergi saja ke Pulau Seribu. Di sana ada puluhan bahkan ratusan pulau yang memiliki kecantikan luar biasa yang mungkin tak pernah Anda sangka. Biaya untuk pergi ke pulau-pulau itu juga tidak mahal. Apalagi jika Anda datang berkelompok dengan agen perjalanan. Untuk liburan dua hari satu malam, Anda hanya butuh dana Rp 300-an ribu. Dengan tarif semurah itu, Anda sudah bisa melakukan berbagai kegiatan di Kepulauan Seribu. Biaya itu sudah termasuk tempat menginap

dan makanan.



Memang sih, ada beberapa resor dan cottage yang bertarif lumayan mahal. Nah, jika kantong terbatas, Anda tidak harus menginap di tempat itu. Nikmati saja pulaunya dan cari tempat lain.





1.     Pulau Ornust







Merupakan salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, dekat dengan Pulau Bidadari. Di masa kolonial, warga sekitar menyebut pulau ini dengan Pulau Kapal. Hal ini karena Pulau Onrust sering dikunjungi kapal Belanda sebelum menuju Batavia. Nama Onrust diambil dari bahasa Belanda yang berarti tak pernah istirahat’ atau dalam bahasa Inggris, ‘unrest’. Tak heran jika banyak peninggalan arkeologi Belanda di pulau ini. Termasuk sebuah rumah yang hingga kini masih utuh, bahkan dijadikan Museum Pulau Onrust.



Di pulau ini juga terdapat sebuah makam tanpa nama. Konon, makam itu merupakan makam dari pemimpin pemberontakan DI/TII Kartosoewirjo. Namun hal itu masih diperdebatkan. Pulau Onrust bisa dijangkau dalam waktu satu jam perjalanan dengan kapal kayu dari Muara Angke. Sebaiknya tidak menginap di pulau ini karena pada malam hari agak menyeramkan. Anda bisa menginap di Pulau Bidadari dan menjadikan Pulau Onrust sebagai salah satu destinasi wisata Anda. Bisa juga menyelam di beberapa spot yang tersedia.



2.     Pulau Macan





Ingin merasakan seperti warga pesisir? Silakan datang ke pulau ini. Tempat menginapnya benar-benar di pinggir laut sehingga saat membuka mata, langsung terlihat bentangan laut nan biru. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, baik di darat maupun di air. Salah satu yang direkomendasikan adalah snorkeling. Terumbu di sekitar pulau ini masih terjaga keaslian dan keindahannya. Kalau ingin pengalaman yang lebih menantang, Anda bisa melakukan scuba diving. Ada beberapa bangkai kapal menarik yang bisa dinikmati di bawah laut. Bisa juga menyewa kapal kecil untuk menjelajahi daerah terpencil atau pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Kalaupun ingin tetap kering, lakukan penjelajahan pulau dengan berjalan kaki atau bersepeda.



Kalau pergi beramai-ramai, berolahraga seperti tenis, bulu tangkis atau membuat istana pasir juga sangat menyenangkan. Tersedia bola dayung yang bisa dimainkan termasuk untuk anak-anak. Lapar? Ada makanan lezat yang bahan-bahannya diambil dari kebun organik yang dikembangkan secara eco-organics. Tarif menginap di pulau ini antara Rp 1,8 juta hingga Rp 3,6 juta. Untuk menuju pulau ini butuh ‘perjuangan’. Selain harus reservasi, Anda harus menaiki kapal dari Ancol. Anda juga bisa pergi sendiri menggunakan kapal nelayan dengan penumpang minimum delapan orang.



3.     Pulau Pari







Menjadi favorit wisatawan yang datang ke Pulau Seribu. Tak heran jika sangat ramai di saat saat weekend atau liburan. Bisa-bisa Anda tak kebagian tempat kalau tak reservasi sebelumnya. Pulau ini berada di tengah-tengah gugusan pulau yang berderet dari selatan ke utara perairan Jakarta. Pantainya berpasir putih dengan air bening kehijauan. Menyenangkan!

Dari Dermaga Marina dengan kapal cepat, Pulau Pari bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam.



Anda juga bisa berangkat dari Pelabuhan Kaliadem di Muara Angke, Jakarta Utara. Pulau ini terletak berdekatan dengan beberapa pulau seperti Pulau Pramuka. Waktu tempuhnya sekitar

30 menit, jadi Anda bisa ‘mampir’ ke pulau-pulau itu selama menginap di Pulau Pari. Kegiatan di pulau ini tak jauh beda dengan di pulau-pulau lainnya. Namun di sini lebih ramai dan lebih banyak pilihan tempat menginap dan tempat makan.






1 komentar: