Searching...
Sabtu, 27 April 2013

Membuat Film Bergaya Pencahayaan Low-key

Sabtu, April 27, 2013



Hai guys, kali ini gue coba men-share tentang pembuatan film. Mungkin kalian ada yang hobi membuat film pendek atau film dokumentasi, dan sebagainya. Disini gue akan coba membahas bagaimana membuat film bergaya pencahayaan low key. 

Teknik low-key biasa digunakan pada acara film atau acara TV untuk menciptakan suatu mood yang cenderung misterius dan menegangkan guys. Tekniknya sangat efektif dan relative mudah dilakukan sebab anda akan lebih bermain dengan bayangan ketimbang cahaya. Teknik pencahayaan low-key biasa digunakan pada film horror atau noir. Teknik ini disebut efektif mengarahkan perhatian penonton karena cahaya lampu digunakan hanya untuk menyorot suatu titik tertentu saja. Sebagian besar frame sebuah shot akan dibiarkan gelap.

Namun, low-key bukan berarti melakukan shot under exposure guys.., hal tersebut akan menghasilkan gambar kotor dan pecah.

Persiapan yang perlu dilakukan adalah menyediakan satu atau dua sumber cahaya, ruang gelap, dan seorang asisten. Sumber cahaya yang dimaksud bisa saja menggunakan lampu meja, lilin, atau bahkan lampu telepon genggam.

Tips : pencahayaan low-key
Jika pencahayaan three point akan menerangi ruang sekitar dan mengejar cahaya yang rata pada subjek. Pencahayaan low-key akan terpusat pada suatu objek. Anda harus mengerti apa yang ingin ditonjolkan dalam sebuah shot, maka titik itulah yang diberi cahaya.

Tips : mengolah cahaya dalam ruang gelap
1.       Coba beberapa tipe lampu
Anda dapat membeli lampu-lampu bohlam sebesar 8 hingga 50 watt dan lihat sendiri efek yang dihasilkan. Ada lampu spot yang memfokoskan cahaya dan lampu flood yang menyebarkan cahaya.

2.       Kuasai penggunaan fill light
Memang sih, mood yang tercipta dengan menggunakan satu sumber cahaya sudah cukup kuat. Namun anda bisa menggunakan satu lampu dengan intensitas yang lebih rendah dari pada lampu utama untuk menyinari outline suatu subjek sehingga akan tercipta dimensi meskipun dalam kegelapan.

3.       Bermain dengan ruangan
Cahaya dapat dipantulkan dan dibentuk menggunakan objek-objek dalam suatu ruangan. Lantai dan dinding putih dapat memantulkan cahaya dan membentuk fill-light. Jika ada sumber cahaya alami sepeti TV atau layar laptop ini dapat digunakan sebagai aksen juga.

4.       Arahkan cahaya dengan cutter
Cutter adalah suatu benda yang bisa memotong cahaya. Buku, kardus, dan benda padat apapun bisa digunakan sebagai cutter. Fungsinya untuk mengarahkan cahaya dan bisa membentuk garis dengan cahaya.

5.       Menggerakkan cahaya
Cahaya bisa digerakan dengan dua cara. Pertama, sumbernya sendiri digerakkan. Cara lain adalah menggerakkan benda yang menghalangi cahaya seperti pntu yang perlahan terbuka. Dari gelap, masuklah terang ke dalam ruangan. Hal ini membuat cahaya menjadi elemen aktif.

6.       Menggerakan subjek dalam cahaya
Cahaya dapat dibuat pasif sebagai ruang gerak. Anda dapat menempatkan seseorang dalam lorong bercahaya dan membentuk siluet dari tubuh mereka. Atau minta seseorang jalan dari area gelap masuk ke dalam area terang kemudian terus ke dalam kegelapan lagi.


Tips : mengolah cahaya dalam computer
1.       Contrast tinggi
Dalam software editing, intensitas cahaya dapat diatur dengan filter contrast dan exposure. Anda dapat membuat ruang gelap menjadi sangat pekat dengan meninggikan contrast. Saat mengambil gambar, anda dapat menggunakan cahaya rendah agar tidak over-exposure jika diberi contrast tinggi dalam computer.

2.       Hue dan saturation
Mengurangi saturation juga berguna untuk membuat gambar terlihat sakit karena warna tidak terlihat alami. Sebaiknya anda dapat memberikan hue warna yang dominan karena gaya pencahayaan ini membentuk mood tegas. Kali ini, ketegasan dilakukan dengan cahaya.


Nah guys, itu dia tips-tips tentang membuat film bergaya pencahayaan low-key yang dapat gue bagikan kepada kalian. Semoga artikel gue ini berguna buat kalian, see you guys.

0 komentar:

Posting Komentar